STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Thursday, March 3, 2016

Unknown

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Online Shop"

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Online Shop"





Disusun Oleh:
Satria Wicaksono
15.11.8768
15-S1TI-04


PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016
I. ABSTRAK

Kata Online Shop memang sudah tidak asing dibenak kita, bahkan kita sudah pernah belanja di Online Shop langganan masing-masing. Dengan besarnya potensi ini, bisnis Online Shop memang digemari oleh banyak orang. Dengan berbagai kemudahan dalam proses belanja, menjadikan Online Shop sebagai alternatif tempat belanja. Tanpa perlu pergi ke tokonya, kita tinggal memesan secara online, dan melakukan pembayaran, barang sudah akan sampai ditangan anda.
Melihat potensi ini menjadikan Online Shop sebagai salah satu dari sekian banyak peluang bisnis yang ada. Maka, di dalam penelitian ini akan memaparkan langkah-langkah, kiat sukses, dan apa saja yang diperlukan untuk membangun sebuah Online Shop yang baik dan menarik. Semoga penelitian ini dapat berguna bagi anda yang ingin memulai bisnis Online Shop.

II. ISI

Bisnis Online Shop banyak dilirik dikarenakan Online Shop tidak kalah menguntungkan dibanding apabila kita menjual/menawarkan barang atau jasa di dunia nyata. Banyak pebisnis yang sukses menekuni Online Shop mereka, namun tidak sedikit pula yang gulung tikar karena kurangnya pengetahuan dan kurang menekuni Online Shop mereka. 
Ada keuntungan apabila kita memilih bisnis Online Shop ini, diantaranya:

  1. Target Market yang luas. Konsumen yang datang bukan hanya dari dalam negeri akan tetapi dari luar negeri juga ada. Karena bisnis Online Shop ini berbasis internet, yang mana semua orang bisa melihat produk atau jasa yang anda tawarkan.
  2. Hemat biaya. Anda tidak perlu bersusah payah untuk menawarkan produk atau jasa anda satu per satu kepada masyarakat. Anda hanya perlu menunggu pesanan yang datang saja, dan anda tidak memerlukan biaya untuk sewa tempat untuk bisnis anda.
  3. Informasi yang disampaikan lebih banyak. Anda hanya perlu menulis detail dari produk atau jasa yang anda tawarkan, dan para pembaca akan mendapat gambaran dari produk atau jasa yang akan mereka pesan

Ada beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum anda memulai sebuah bisnis Online Shop, antara lain:

  1. Tentukan produk/barang atau jasayang akan anda jual. Hal yang paling utama adalah anda harus menentukan produk atau jasa apa yang akan anda tawarkan pada Online Shop anda. Carilah produk atau jasa yang sekiranya banyak diminati oleh masyarakat. Jangan sampai anda sudah punya Online Shop tetapi belum menentukan barang yang akan dijual.
  2. Jangan coba-coba. Ketika anda berniat membangun sebuah Online Shop, maka bulatkan tekad anda. Dan anda harus bersungguh-sungguh kalau Online Shop yang akan anda bangun tidak hanya untuk iseng belaka. Jangan ketika Online Shop anda sudah jadi, anda tidak serius dalam mengelolanya, ini sangat disayangkan karena biaya dan waktu yang anda korbankan untuk membangun Online Shop akan terbuang percuma. Jadi serius lah dalam menjalaninya.
  3. Bangun lah Online Shop dengan pelayanan yang baik. Jika anda tidak bisa membuat Online Shop sendiri anda bisa memanfaatkan jasa pembuatan Online Shop yang bertebaran di internet. Buatlah Online shop yang User Friendly, dan juga mudah dalam proses pemesanan barangnya.
  4. Siapkan kontak yang mudah dihubungi. Anda harus memiliki paling tidak nomer telepon yang mudah dihubungi oleh konsumen. Siapkan juga akun BBM, Whatsapp, dan sebagainya.
 Beberapa carak agar sukses dalam berbisnis Online Shop, antara lain:
  1. Tentukan tujuan. Ketika menjalakan Online shop, anda harus menetapkan tujuan dari anda berbisnis tersebut. Anda harus memiliki motivasi jika apabila di tengah jalan anda mengalami sebuah hambatan dalam bisnis anda.
  2. Survey pasar. Anda perlu melakukan survei untuk mengetahui seberapa besar produk atau jasa anda diperlukan oleh para konsumen, agar anda bisa memaksimalkan bisnis Online Shop anda.
  3. Selangkah demi selangkah. Bisnis Online Shop bukanlah bisnis yang sehari dua hari bisa selesai, semua perlu tahapan yang kompleks agar berhasil.
  4. Perluas jaringan kerja. Bangunlah komunikasi yang baik dengan teman, pelanggan, maupun pengunjung blog kita. Agara terjalin suatu komunikasi yang baik, dan anda mengetahui karakter-karakter dari kebanyakan orang.
  5. Pantang menyerah. Banyak dari pelaku bisnis online yang mengalami kegagalan dalam menjali bisnisnya. Walaupun bisnis anda belum memperoleh hasil, anda harus tetap berusaha untuk memajukan bisnis anda.
  6. Belajar dari pengalaman. Banyak orang yang berkata "Pengalaman adalah Guru terbaik". Anda perlu belajar dari pengalaman kegagalan anda dalam menjalankan bisnis online. Yang mana nantinya hal itu akan berguna bagi anda agar tidak terjadi kesalahan yang sama.
III. Kesimpulan

Bisnis Online Shop memang mudah dilakukan dan menguntungkan, hal ini juga yang menjadi penyebab banyaknya pelaku usaha yang mendalaminya. Dengan modal yang kecil anda sudah bisa memulai Online Shop anda yang bisa menghasilkan berkali-kali lipat dari modal anda. Cara-caranya juga terbilang mudah, tanpa perlu pengalaman dibidang teknologi anda sudah bisa untuk memulai Online Shop anda.

Referensi
http://juragantoko.com/beberapa-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membuat-toko-online.html
http://megahindra.blogspot.co.id/2013/01/9-cara-sukses-menjadi-pebisnis-online.html
http://superblogpedia.blogspot.com/2013/05/tips-dan-cara-membuat-toko-online.html

Unknown

About Unknown -

Hanya seorang manusia biasa yang sedang menghadapi kerasnya kehidupan. Mencoba mengubah dunia dengan sedikit ilmu yang dimiliki, supaya bermanfaat bagi khalayak banyak.

Subscribe to this Blog via Email :