STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Wednesday, March 2, 2016

Unknown

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Laundry kiloan modal kecil"

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Laundry kiloan modal kecil"



Disusun Oleh:
Satria Wicaksono
15.11.8768
15-S1T1-04
 
 
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA 
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016


I. ABSTRAK

Di zaman serba instan sekarang ini, orang-orang lebih suka melakukan segala hal dengan cepat dan mudah. Begitu pula untuk urusan mencuci, banyak orang yang sudah jarang untuk mencuci sendiri. Mereka lebih memilih mengandalkan jasa laundry yang ada disekitarnya. Dengan alasan mudah, cepat dan murah, mereka lebih senang menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci sendiri.
Dari sinilah kita bisa mengambil peluang bisnis usaha Laundry kiloan, yang mana prospek keuntungannya selalu meningkat sepanjang waktu. 
Dari penelitian ini kita akan mengetahui apa saja hal yang diperlukan untuk memulai usaha Laundry kiloan, kiat-kiat bisnisnya, dan apa saja yang bisa menunjang keberhasilan dari usaha kita.
Semoga penelitian ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang sekiranya ingin membuka usaha Laundry kiloan.

II. ISI

Kata Laundry memang sudah tidak asing lagi bagi kita, sudah banyak usaha laundry yang bertebaran di sekitar kita. Tetapi banyak orang yang berpikir kalau untuk memulai usaha ini diperlukan modal yang besar. Untuk memulai usaha Laundry kiloan ini sebenarnya bisa dengan modal yang kecil, yang mana dari modal kecil itu kita sudah memiliki usaha sendiri dengan keuntungan yang cukup besar.
Lalu apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis Laundry kiloan ini?

Hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai usaha Laundry kiloan. Untuk bisa menjalankan bisnis Laundry kiloan dengan baik, anda harus memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mencuci pakaian dengan baik, mengetahui jenis-jenis noda, jenis-jenis bahan pakaian, dan sebagainya. Berikut hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuka bisnis Laundry kiloan:
  1. Anda harus tahu cara mencuci pakaian dengan baik dan benar. 
  2. Kenalilah noda yang menempel pada pakaian, agar anda bisa menentukan pembersih yang cocok untuk jenis nodanya.
  3. Gunakan peralatan yang sesuai dengan besarnya usaha laundry kiloan anda.
  4. Hitung berapa banyak tenaga kerja yang anda butuhkan dalam mengelola usaha Laundry kiloan anda.
  5. Siapkan biaya operasional untuk 3 bulan kedepan. Hitung biaya operasional seperti bayar listrik, sewa tempat, bayar air, biaya membeli detergen dan pewangi dengan baik agar anda tidak merugi dikemudian hari.
Rintangan dalam menjalankan usaha Laundry kiloan. Dalam memulai sebuah usaha pasti ada hambatan dan rintangan yang akan kita hadapi kelak. Berikut hambatan-hambatan dalam menjalakan usaha Laundry kiloan:
  1. Kompetitor yang cukup banyak. Dikarenakan bisnis Laundry merupakan bisnis yang menjanjikan, pasti tidak sedikit pula yang memiliki usaha seperti milik anda. Hal ini wajar dalam dunia bisnis. Oleh karena itu berikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan anda, agar mereka tidak kecewa.
  2. Pelanggan biasanya meminta waktu pengerjaan yang cepat. Anda harus bisa memanajemen waktu agar para pelanggan anda tidak merasa dirugikan.
  3. Masyarakat memiliki mesin cuci sendiri sehingga mengurangi jumlah calon pelanggan anda.

Kiat sukses menjalankan bisnis Laundry kiloan anda. Diperlukan trik khusus agar usaha Laundry kiloan anda bisa bertahan lama di dunia per-laundryan, antara lain:
  1. Pilih lokasi yang tepat. Untuk usaha Laundry kiloan, lokasi yang tepat sangat berpengaruh pada omset anda. Pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus, kos-kosan, kontrakan, dan sebagainya.
  2. Sesuaikan harga. Sebaiknya anda melakukan survei terlebih dahulu untuk mengetahui kisaran harga jasa laundry agar tidak terlalu mahal yang mana akan berpengaruh pada jumlah pelanggan anda.
  3. Perhatikan kualitas. Anda harus selalu menjunjung tinggi kualitas dari usaha Laundry kiloan anda, agar para customer kembali lagi untuk menggunakan jasa Laundry kiloan anda.
  4. Rekrut tenaga kerja yang tepat. Dalam pemilihan tenaga kerja menjadi hal yang penting dalam kelangsungan bisnis anda. Pilihlah tenaga kerja yang cekatan dan handal dalam mengerjakan tugasnya masing-masing.
  5. Menjadikannya bisnis waralaba. Dengan menjadikan bisnis Laundry kiloan anda menjadi bisnis waralaba, pasti anda akan mendapatkan hasil yang melimpah dari bisnis anda. Memang memerlukan proses dalam pelaksanaannya, tapi lambat laun bisnis anda pasti akan berkembang.
Perkiraan modal usaha Laundry kiloan:

Kebutuhan
Jumlah
Spanduk 2M
Rp. 60.000
Tag Gun + Tag Pin 1 box + Kain Keras 1 m
Rp. 35.000
Sikat Baju + Gilesan + Sprayer + Selang 10 m
Rp. 100.000
Ember besar 3 buah
Rp. 75.000
Hanger Plastik 2 gross + Jepitan Baju
Rp. 200.000
Tali Rafia 3 gulung + Paku 2 kg
Rp. 30.000
Rak besi siku komplit
Rp. 300.000
Gaji 1 orang Pegawai
Rp. 500.000/bulan (Disesuaikan)
Uang Kas
Rp. 500.000
Timbangan 15 kg
Rp. 75.000
Plastik + Hanger besi 10 buah
Rp. 100.000
Setrika 1 buah + Alas gosok + Terminal + Kabel
Rp. 100.000
Mesin Cuci Sanken 1 tabung otomatik 8 kg
Rp. 2.500.000
Mesin Pengering cash
Rp. 2.550.000
Detergen + Pewangi + Kispray + Refill Kispray + Bayclin
Rp. 200.000

* Untuk rincian modal silahkan disesuaikan dengan ditempat masing-masing.
Administrasi :
  1. Pena, Nota, Laporan Kas, Kertas Karbon, Buku
  2. Dispenser Selotip + Selotip + Isi Staples, Dll = Rp. 100.000
Total Keseluruhan :                                              Rp. 7.425.000

III. Kesimpulan

Usaha Laundry kiloan memang menjanjikan bagi kita yang mau menekuninya, dengan kerja keras kita pasti sudah bisa memperoleh keuntungan dari usaha Laundry kiloan kita. Bisnis ini juga tidak akan mati dimakan zaman karena para calon konsumennya akan bertambah dari waktu ke waktu. Jadi jangan sia-siakan peluang bisnis Laundry Kiloan ini, yang mana bisa menjadi sumber tambahan pengahasilan anda, atau sebagai sumber utama penghasilan anda.

Referensi
http://wirabisnis.com/perkiraan-modal-usaha-jasa-laundry-kiloan-dan-prospeknya.html
http://sarungpreneur.com/cara-membuka-usaha-laundry-kiloan-modal-kecil/
http://www.bisniskecil.org/2014/01/cara-berbisnis-laundry-kiloan-agar.html


Unknown

About Unknown -

Hanya seorang manusia biasa yang sedang menghadapi kerasnya kehidupan. Mencoba mengubah dunia dengan sedikit ilmu yang dimiliki, supaya bermanfaat bagi khalayak banyak.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
October 17, 2016 at 1:43 PM delete

Salam sukses dari kami
untuk anda yang membutuhkan mesin pengering, setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos Pengering

Reply
avatar