STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Wednesday, March 2, 2016

Unknown

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Warung Prasmanan"

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Warung Prasmanan"




Disusun oleh:
Satria Wicaksono
15.11.8768
15-S1TI-04
PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016

I. ABSTRAK

Isi dari Karya Ilmiah ini adalah tentang memulai usaha Warung Prasmanan. Yang mana usaha ini dapat dilakukan dirumah, dan juga dibantu oleh anggota keluarga lainnya.

Untuk memulai usaha ini tidak diperlukan modal yang begitu besar, karena usaha ini bisa dimulai dengan modal yang kecil. Yang mana nantinya usaha ini akan bertambah besar seiring dengan berjalannya waktu. Segmen pasar dari usaha Warung Prasmanan ini sangat banyak, mulai dari anak kost, pekerja kantoran, ibu rumah tangga yang sibuk. Yang mana mereka sangat memerlukan yang namanya Warung Prasmanan, dengan pengeluaran sedikit mereka sudah bisa mendapat seporsi nasi dan lauk pauk yang diinginkan.

Usaha ini akan sangat mudah dilakukan apabila anda memilik keahlian masak, yang akan menambah nilai plus dari warung prasmanan anda. Dengan menambah variasi menu, dan meningkatkan cita rasa masakan anda, maka warung prasmanan anda akan bisa berkembang dengan sangat pesar.

Penelitian ini dibuat untuk anda yang ingin mencoba membuka usaha Warung Prasmanan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini kendala dalam mengelola warung prasmanan akan teratasi.

II. ISI

Usaha Warung Prasmanan akan sangat menguntungkan. Ini dikarenakan para pembeli bisa memilih sendiri menu yang mereka inginkan. Dan juga pemilik warung hanya perlu menunggu di kasir tanpa harus susah payah untuk melayani para pembeli.

Anda juga bisa mengikut sertakan tetangga anda untuk memasak makanan untuk dijual di warung prasmanan. Yang mana hal ini akan menambah variasi dari menu yang ada di warung prasmanan anda. Dan juga para tetangga bisa mendapat tambahan penghasilan dari hasil memasak makanan, yang keuntungannya sudah disetujui sebelumnya. Bisnis makanan memang akan menguntungkan pelaku bisnisnya, ini dikarenakan selain mendapat penghasilan mereka juga tidak perlu susah payah untuk memikirkan makanan sehari-hari, karena bisa makan di warung yang anda kelola.

Beberapa alasan untuk mendirikan usaha Warung Prasmanan sebagai salah satu peluang usaha yang bisa anda lakukan:

  1. Modal kecil. Yang menjadi kendala bagi para wirausaha untuk memulai berbisnis adalah soal modal yang besar. Akan tetapi untuk usaha warung prasmanan anda tidak perlu mengeluarkan modal yang begitu besar. Dengan modal yang kecil anda bisa menyajikan nasi dan lauk sederhana yang nantinya akan bisa anda jual untuk memperoleh keuntungan.
  2. Unik. Warung prasamanan berbeda dengan warung-warung pada umumnya, hal ini yang menjadi magnet bagi para konsumen untuk datang ke warung anda. Para pelanggan bisa mengambil dan mengira-ngira porsi sesuai dengan keinginan mereka. Karena setiap orang berbeda-beda porsinya saat makan.
  3. Mudah diawasi. Anda tidak perlu repot untuk melayani pelanggan satu persatu. Anda cukup menunggu di kasir dan para pelanggan akan datang, dan anda hanya perlu menghitung makanan yang sudah diambil oleh pelanggan. Selain mudah hal ini juga tidak membuat anda kecapekan.
Hal yang perlu disiapkan sebelum memulai usaha warung prasmanan. Ada beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan:
  1. Jenis Masakan. 
  2. Survei pasar.
  3. Bahan baku.
  4. Dana/Modal. 
  5. Pemasaran.
Kekurangan usaha warung prasmanan:
  1. Resiko yang sering dialami pelaku usaha ini adalah ketidak stabilan dari harga bahan-bahan pokok seperti: beras, daging ayam, telur, cabai, dan sebagainya. Yang akan membingungkan para pelaku usaha, karena apabila menaikkan harga maka para pelanggan akan merasa kecewa, sebaliknya jika tidak dinaikkan akan sulit dalam memperoleh keuntungan yang maksimal. Agar hal ini tidak terjadi maka anda harus melakukan survei terhadap harga-harga bahan pokok.
  2. Masakan yang tersisa. Selain hal di atas ada hal yang sering dialami oleh para pelaku usaha ini, makanan sisa yang tidak laku/terjual dengan habis sudah sering dialami. Biasanya mereka akan memasukkan sisa makanan yang tidak terjual ke dalam kulkas, untuk besoknya dijual lagi selama kondisinya masih bagus.
Kelebihan usaha warung prasmanan:
  1. Para konsumen akan terus ada seiring dengan perubahan zaman yang kian sibuk. Mereka-mereka yang tidak sempat memasak sangat mengandalkan warung prasmanan ini untuk memenuhi kebutuhan perut meraka. 
  2. Usaha yang prospek keuntungannya sangat besar.
III. Kesimpulan

Ternyata sebenarnya tidak sulit untuk memulai usaha warung prasmanan ini, dengan modal kecil anda sudah bisa membuka usaha ini sebagai sumber mata pencaharian anda. Tetapi anda harus menekuninya dengan sungguh-sungguh agar bisnis ini bisa berlangsung dengan lancar. Karena bisnis ini merupakan bisnis dengan keuntungan yang melimpah yang bisa didapat.

Referensi
http://www.tokomesin.com/peluang-usaha-rumah-makan-sederhana-dan-analisa-usahanya.html
http://solusibisnismodalkecil.com/mudahnya-memulai-usaha-bisnis-kecil-kecilan-warung-makan/
http://bisnissampingan007.blogspot.co.id/2015/11/kunci-sukses-membuka-bisnis-warung-makanan.html

Unknown

About Unknown -

Hanya seorang manusia biasa yang sedang menghadapi kerasnya kehidupan. Mencoba mengubah dunia dengan sedikit ilmu yang dimiliki, supaya bermanfaat bagi khalayak banyak.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
June 30, 2019 at 10:44 PM delete

terimakasih atas informasinya yang bermanfaat
Aplikasi Kasir Restoran

Reply
avatar