STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

Wednesday, March 2, 2016

Unknown

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Percetakan dan Pengetikan Modal Kecil"

Karya Ilmiah Peluang Bisnis "Percetakan dan Pengetikan Modal Kecil"




Disusun oleh:
Satria Wicaksono
15.11.8768
15-S1TI-04

PROGRAM STUDI S1 TEKNIK INFORMATIKA
STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
2016 



I. ABSTRAK

Bisnis percetakan merupakan bisnis yang tidak bisa dianggap remeh. Para pelaku usahanya bahkan bisa meraup untung yang besar dari bisnis percetakan. Beberapa tahun terakhir ini bisnis percetakan sangat dibutuhkan oleh para calon konsumen. Hal ini ditunjang oleh kemajuan teknologi pendukung dari bisnis percetakan. Bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang begitu besar, akan tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang sangat besar.
Penelitian ini akan membahas bagaimana memulai suatu bisnis percetakan dengan modal yang cukup kecil, tanpa harus membeli mesin percetakan yang berharga mahal untuk memulai bisnis. Dengan adanya penelitian ini semoga dapat membantu para pembaca yang ingin memanfaatkan peluang bisnis percetakan ini.

II. ISI


Untuk memulai bisnis percetakan kecil-kecilan tidaklah sesulit yang kita bayangkan, karena bisnis ini merupakan bisnis dalam bidang jasa daripada produksi. Bisnis ini cocok dijadikan pekerjaan sampingan para mahasiswa yang ingin mendapat penghasilan dan tidak bergantung kepada orang tua terus.
Hal utama yang diperlukan untuk menjadi pelaku bisnis percetakan adalah anda haruslah memiliki relasi serta ketekunan dan juga manajemen waktu yang baik.
Langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai bisnis ini:
  1. Siapkan mental anda. Anda harus berpikir positif bahwa bisnis anda akan berhasil, dan juga harus siap menghadapi segala kemungkinan yang ada.
  2. Tempat bisnis anda. Untuk masalah tempat sebenarnya bisa dilakukan dimana saja, seperti kontrakan, kamar kos, atau menyewa ruko/kios.
  3. Mencari toko kertas yang menjual kertas dengan harga miring. Ini sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada ongkos cetak.
  4. Mempunyai Komputer+Printer ink jet 3 in 1. Hal yang penting adalah anda harus menyiapkan komputer yang bisa diandalkan atau juga bisa memakai Laptop. Untuk printer, disarankan untuk membeli yang 3 in 1 (Print, Scan, Copy), karena selain ringkas, kita juga bisa menggunakannya untuk keperluan lain tanpa harus membeli perangkat tambahan. Dan juga harga printer 3 in 1 ini cukup murah juga. Carilah printer yang biaya cetak per lembar nya murah, jangan sampai salah dalam memilih printer, biasanya printer model infus memiliki biaya cetak per lembar yang lumayan kecil.
  5. Skill. Anda paling tidak harus bisa mengoperasikan perangkat-perangkat percetakan anda. Dan lebih baik lagi jika anda memiliki skill editing (gambar, dokumen, dll) yang cukup bagus, ini dikarenakan anda tidak hanya menerima order untuk mencetak dokumen saja, akan ada yang order untuk dicetakan/dibuatkan sebuah brosur, kartu nama, cetak foto, dan sebagainya. Hal ini berpengaruh besar pada hasil akhir dari cetakan anda, yang mana jika bagus maka para konsumen akan kembali lagi menggunakan jasa anda kemudian hari.
  6. Mencari pangsa pasar. Anda harus pintar-pintar dalam mencari pangsa pasar dari bisnis anda. Mulailah dari menawarkan jasa anda kepada teman satu kos/kontrakan tempat anda tinggal.
  7. Memahamai permintaan pasar. Hal ini bisa membuat bisnis anda berkembang pesat, anda harus mencari tahu apa yang dibutuhkan dari calon konsumen anda.

Cara pemasaran:
  1. Buat kartu nama yang menarik.
  2. Milikilah nilai tambah dari jasa yang anda tawarkan, seperti lebih murah, lebih berkualitas, dan sebagainya.
  3. Tawarkan kepada kenalan-kenalan anda untuk menjadi pelanggan pertama.
  4. Promosikan di grup jejaring sosial kampus anda.

Tips sukses bisnis percetakan:
  1. Mempunyai channel kenalan yang banyak.
  2. Rajin mempromosikan jasa anda.
  3. Kenalilah peluang untuk mendapat order, seperti:
    • Momen Ospek. Di waktu inilah anda harus gencar mencari orderan, karena saat-saat seperti ini banyak yang membutuhkan jasa anda untuk membuat perlengkapan ospek seperti: id card, co-card, kartu nama, dan sebagainya. Hal ini bisa menjadi ladang uang dari bisnis anda.
    • Event-event Kampus.
    • Agenda UKM kampus.
  4. Jangan pernah menolak order. Karena apabila anda menolak maka citra bisnis anda akan tercoreng nama baiknya. Jika anda kesulitan dalam mengerjakan ordernya, anda bisa meminta bantuan/bekerja sama dengan orang yang lebih ahli.
  5. Jangan malu dalam bertanya soal hal yang menyangkut keberlangsungan bisnis anda.
  6. Tepati janji dan tepat waktu.

III. Kesimpulan

Bisnis percetakan memang sudah banyak pelaku bisnisnya, akan tetapi anda jangan berkecil hati. Bisnis anda bisa sukses apabila anda tekun, rajin, dan selalu meningkatkan mutu dari jasa anda agar bisa bersaing dengan pelaku bisnis lainnya. Anda harus kreatif dan punya inovasi baru yang mana bisa membuat pasar melirik kepada kita.

Referensi
https://pengusahamuslim.com/1018-peluang-usaha-bisnis-percetakan-dan-desain-dengan-modal-nol.html
http://ayuprint.co.id/05-tips-cara-bagaimana-memulai-usaha-bisnis-percetakan

Unknown

About Unknown -

Hanya seorang manusia biasa yang sedang menghadapi kerasnya kehidupan. Mencoba mengubah dunia dengan sedikit ilmu yang dimiliki, supaya bermanfaat bagi khalayak banyak.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar